Selasa, 18 Maret 2014

Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8

Kelebihan Windows Phone 8

  • User Interface Keren, dan inilah alasan utama kenapa saya memlih Windows Phone 8 :D . Bagi UI Addict seperti saya, tampilan Modern UI dengan Live Tile di Windows Phone 8 memang sangatlah menggoda. Beberapa aplikasi, seperti Facebook, Foursquare, dan kawan-kawannya berpenampilan sangan keren dan berbeda 180 derajat dengan tampilan di Android.
    Start Screen
    Ini Start Screen Saya
  • Start Screen yang bisa dikustomisasi sesuai selera. Walaupun Windows Phone tidak mendukung yang namanya wallpaper, namun Start Screen yang dipenuhi Live Tiles cukup untuk memanjakan mata user yang menggunakannya.
  • Multitasking mantab, yang membuat saya lebih mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Berbeda saat saya menggunakan Android, meskipun mendukung multitasking juga, perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain terasa kurang praktis.
  • People, aplikasi yang menggabungkan semuanya menjadi satu. Dengan membuka aplikasi ini, update terbaru daru teman facebook, twitter, dan linkedin akan ditampilkan secara bersamaan. Lumanyan membantu untuk orang yang sering ngeksis di jejaring sosial seperti saya ini :D hehehe
  • Notifikasi dalam satu tempat, mempermudah untuk mengaksesnya. Pengguna Windows Phone 8 tidak perlu membuka aplikasi Facebook, Twitter, dan Linkedin satu persatu untuk melihat notofikasi, karena semuanya telah dikumpulkan dalam satu tempat dan akan ditampilkan juga di Live Tiles.
Kekurangan Windows Phone 8
  • Tidak adanya shortcut untuk notification center yang mudah diakses. Jika di Android dan beberapa sistem operasi lain, user dimudahkan untuk melihat notifikasi dengan menarik menu bar ke bawah, di Windows Phone 8 ini semuanya dikumpulkan di Start Screen, sehingga untuk melihatnya user harus meminimize aplikasi yang sedang dibuka, dan kembali ke Start Screen.
  • Pilihan aplikasi yang masih sedikit. Koleksi aplikasi yang tersedia di Windows Phone store masih sangat minim karena Windows Phone 8 merupakan sistem operasi yang sangat baru.
    Update : sekarang, aplikasi-aplikasi yang dulunya hanya tersedia untuk Android dan iPhone sudah banyak yang muncul ke Windows Store
  • Update aplikasi yang sedikit agak lama dibanding OS yang lain. Karena pengguna Windows Phone terbilang kalah jauh dibanding Android dan iOS, para developer biasanya akan mendahulukan update aplikasi di kedua OS besutan Google dan Apple tersebut, barulah update untuk Windows Phone 8 akan dikeluarkan.
Hal diatas merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Windows Phone 8 secara umum murni dari saya setelah memakanya selama 1 Minggu. Selain itu, masih banyak aplikasi-aplikasi menarik yang belum saya temukan di sistem operasi lain yang pernah saya gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar